PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Pangkat Asisten Manajer, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.
Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.
Targeted recruitment merupakan salah satu jalur penerimaan PCPM Bank Indonesia yang dilakukan secara targeted bekerjasama dengan beberapa pihak, yang terbagi atas 3 metode yakni:
Untuk lulusan perguruan tinggi dari luar negeri, memiliki bidang studi yang setara dengan bidang studi di atas.
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 37.
Periode penyampaian online application dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2022 (Pukul 00.01 WIB) sampai dengan tanggal 25 Agustus 2022 (Pukul 24.00 WIB).
Dokumen yang diunggah (upload) pada saat penyampaian online application antara lain:
Peserta tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara peserta dapat menyampaikan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti Ijazah, serta Transkrip Nilai Sementara sebagai pengganti Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir). Apabila peserta lolos hingga seleksi tahap akhir, maka peserta diwajibkan untuk menyampaikan dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.
Peserta tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama anda memenuhi persyaratan administrasi. Namun, apabila peserta dinyatakan lulus seleksi, peserta hanya dapat bekerja di BI selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di BI dengan kriteria sebagai berikut:
Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (Maks 4.00), dengan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Ditjen Diktiristek.
Silakan mengunjungi website rekrutmen PCPM https://pcpm37.rekrutmenbi.id dan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
Peserta dimungkinkan untuk mengikuti kedua jalur secara bersamaan, namun apabila telah diterima melalui jalur targeted recruitment maka proses seleksi di jalur open recruitment tidak dilanjutkan.
Tidak ada perbedaan perlakuan setelah dinyatakan lolos seleksi. Peserta dari jalur open maupun targeted recruitment akan menjalani masa pendidikan (program on boarding) bersama-sama sebagai peserta PCPM.
Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:
Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email (
no-reply@pcpm37.rekrutmenbi.id) pada akun yang didaftarkan dan menu “Lamaran Saya” pada masing-masing kandidat
serta melalui website rekrutmen ini.
Peserta dapat melakukan pengecekan email pada inbox. Apabila tidak terdapat email pemberitahuan pada inbox, silakan melakukan pengecekan pada spam atau all email.
Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan
seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan
diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.
Pelaksanaan seleksi secara offline atau pertemuan langsung dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan tes offline. Segala bentuk biaya transportasi dan akomodasi yang timbul dari pemilihan lokasi tes offline akan menjadi tanggungan peserta.
Jika data belum disimpan (Save) maka data yang telah diinput akan hilang pada saat terjadi gangguan jaringan atau listrik padam. Untuk itu, disarankan agar pada setiap tahapan menu isian aplikasi online dapat disimpan (Save) terlebih dahulu sebelum mengisi menu isian selanjutnya.
Proses penyimpanan dilakukan per halaman online test secara otomatis. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan jaringan maka peserta dapat mengulang kembali proses pengerjaan online test mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada (jangan melakukan Clear Cache). Pada saat listrik padam atau gangguan jaringan , waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai diawal pengerjaan. Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.
Peserta tidak diperkenankan pindah kota lokasi tes apabila sudah memilih kota pada tahap pendaftaran atau pengisian online application.
Dokumen yang sudah disampaikan menjadi milik Bank Indonesia dan tidak dapat dikembalikan.
Selama pengisian aplikasi lamaran online, contact center dibuka selama 24 jam. Untuk tahapan berikutnya, layanan contact center dibuka pada jam kerja. Khusus selama pelaksanaan online test, terdapat media layanan lain yang diberikan yakni media chat.
© Copyright since 2019 Powered By Infomedia Nusantara [1]